Kelebihan, Kekurangan, Keamanan, dan Masa Depan Google plus

on 27 March 2012


terakhir, saya telah menulis tentang sejarah dan konsep dari google plus. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan mengenai google plus. Pertama, saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari google plus. Saya dapat infonya dari sini.

Kelebihan  : 


  1. google plus punya manajemen friend (circle) lebih baik dibanding facebook dan twitter, kategorisasi lebih teratur dan lebih jelas
  2. fitur sparks bagus, lebih jelas dan tidak berantakan layaknya fitur serupa di facebook
  3. integrasi dengan produk2 google (gmail, google calendar, google Books, dll ) secara seamless, punya account google (gmail) langsung bisa akses google plus gak perlu registrasi lagi
  4. tampilan gambar preview oke, lebih besar dibanding facebook
  5. fitur +1 jadi ciri khas, fitur ini sama dengan fitur like di facebook.
Kekurangan  :
  1. google+ makan 22% lebih banyak bandwidth dibanding facebook
  2. terlalu banyak javascript, kompi lemot, bandwidth lemot say goodbye.. the new era of social networking
  3. bagi sebagian orang justru tampilan gambar preview terlalu excessive, menuh2in browser
  4. browser jadi lebih berat
  5. fitur chatting masih minus
  6. blum ada mekanisme/konsep menggalang massa, sampe ini blum dibuat, impossiblek ngalahin twitter
  7. 75% jiplakan Facebook
  8. google mail (gmail) seharusny punya integrasi dengan circle di google plus
Selanjutnya, saya akan membahas mengenai security atau keamanan dalam google plus. Karena tidak adanya informasi, saya akan membahasnya singkat. Dalam hal account, google plus sudah diintegrasikan dengan layanan google lainnya, seperti gmail, blogger, dll. Oleh karena itu ,apabila kita sudah mempunyai account pada gmail, kita tidak perlu melakukan registrasi lagi. 

Pada awalnya seperti banyak penilaian awal terhadap Google Plus, layanan social media Google meniru Facebook. Hal ini mungkin benar dan bisa juga salah. Google telah banyak belajar dari kesalahan Facebook seperti keamanan yang rendah, pengguna yang sangat pasif, dan kooptasi terhadap pengguna karena susahnya kalau ingin menghapus akun di Facebook. Google Plus menawarkan keamanan, keputusan sharing yang lebih besar berada di tangan user dan kemudahan untuk menghapus akun. Selain itu, satu hal yang unik dalam google plus, keamanan terbagi menjadi beberapa macam, ada untuk remaja, dewasa, dan pendidik. Untuk itu, bisa saya simpulkan, Google plus dalam hal keamanan sepertinya menjadi yang terbaik dari social network lainnya.

Terakhir, saya akan membahas mengenai pemanfaatan google plus di masa depan. Sepertinya google plus tak lama lagi merajai dunia. mengapa??Menurut kabar yang banyak beredar (bloggerbuster.com), Google Plus One ini fungsinya hampir sama dengan tombol “like”  nya facebook. Namun para blogger juga menyebutkan bahwa bisa saja di masa yang akan datang Google Plus One ini menjadi tolak ukur perangkingan suatu web/blog sebagai yang paling banyak di rekomendasikan. Dengan semakin banyak orang yang merekondasikan ini maka posisi blog di SERP akan semakin baik dan peluang muncul di Page One Google juga semakin besar. Oh ya saat bulan maret saya ingat dalam promosinya  di akun google adsense saya, "Pasang google +1 di situs Anda untuk hasil pencarian lebih baik dengan rekomendasi dari teman-teman Anda"


Google plus sendiri mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan sosial media lainnya, selain terintegrasi dengan baik dengan akun google lain seperti android, gmail, mesin pencari google dll, smapi layanan sosial media pada umumnya yang lebih baik seperti chatting, membuat comference dan vidio steraming dan lain-lain. Tentu saja hal itu dengan kecepatan akses yang tidak kalah dari sosial media lain seperti facebook dan twitter bahkan bisa dibilang lebih baik dimana google memiliki ribuan server yang membuat mereka kokoh dalam bidang kecepatan ver-internet walaupun banyak layanan yang diberikan. Dilihat dari keseriusan google, kita lihat saja apakah google plus akan dapat mengalahkan kekuatan facebook...? kita bahas lain waktu

2 komentar:

Anonymous said...

Bro, terima kasih atas pencerahannya.

Saran saya, mending artikel nya diupdate karena Google telah mengintegrasikan Google+ dgn Youtube. Selain itu fitur Hangout Messenger ternyata jauh lebih perfect ketimbang messenger lain.

Selain itu, fitur Nomer 1 nya Google+ kan Photo sharing. Nah sekarang Foto2 di Google Drive bisa langsung diolah di Google+.

Prime Box Indonesia said...

oke gan, makasih infonya. ditunggu ya updateannya :)

Post a Comment

pengumuman

selamat datang di blognya priyo silahkan di follow ya

Isi priyo's blog

Powered By Blogger

Monggo di cari