RANGKUMAN BAB 1

on 11 March 2011

TINJAUAN TENTANG ILMU SOSIAL DASAR

KATA PENGANTAR

Dewasa ini peranan ilmu sosial budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari sangatlah diperlukan dalam menangani berbagai masalah yang di alami manusia pada kehidupan sehari-hari. Dan meningkatkan kemampuan manusia dalam menjalani kehidupan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi antara makhluk yang satu dengan yang lainnya agar terjalin sebuah komunikasi dan kerjasama yang baik dalam membangun sebuah kehidupan baik lisan maupun tulisan walaupun dengan budaya-budaya yang berbeda-beda seperti yang dalam Negara republik Indonesia dengan beraneka ragamnya budaya yang dimiliki.
Dalam makalah ini terdapat pengertian, tujuan dan ruang lingkup ilmu budaya dasar secara umum dan khusus. Yang saya rangkum dalam sebuah rangkaian tulisan dari berbagai sumber yang ada.
Dan akhirnya tugas ini dapat saya selesaikan. Mudah-mudahan tugas ini dapat menambah nilai-nilai saya yang kurang.mohon maaf jika ada salah-salah kata yang tidak berkenan.sekian dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Pendahuluan
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya. Sehingga manusia bingung terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
Demikian pula dalam mata kuliah ilmu social bidaya dasar. Mata kuliah ilmu social budaya dasar adalah salah satu mata kuliah yang membiicarakan tentang nilai nilai tetang kebudayaan dan berbagai masalah yang d hadapi manusia.
Dengan mata kuliah ilmu social budaya dasar kami dapat memilki pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnyadan menimbulkan minat mendalaminya lebih lanjut.
Pengertian ilmu sosial budaya dasar
Menurut Koentjaraningrat (1980), kata “Kebudayaan” berasal dari kata sanskerta Budhayah, yaitu bentuk jamak dari dari Budhi yang berarti “Budi” atau “akal”. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan “hal – hal yang bersangkutan dengan akal”. Sedangkan kata “budaya” merupakan perkembangan majemuk dari “budi daya” yang berarti “daya dari budi” sehingga dibedakan antara “budaya” yang berarti “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa dan rasa, dengan “kebudayaan” yang berarti hasil dari cipta, karsa dan rasa. Dalam disiplin ilmu antropologi budaya, kebudayaan dan budaya itu artinya sama saja.
Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban mengandung pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang kompleks, meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat (kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
Pendek kata kebudayaan dalam kaitannya dengan ilmu budaya dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ; tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun sosial.
Tujuan Ilmu Budaya Dasar
1. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
2. Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
3. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
4. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
5. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya
6. Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya
7. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku
8. Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Dharma pendidikan

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities. Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus.



Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a). Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b). Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.

0 komentar:

Post a Comment

pengumuman

selamat datang di blognya priyo silahkan di follow ya

Isi priyo's blog

Powered By Blogger

Monggo di cari