1. Jelaskan yang dimaksud dengan Shading?
Shading merupakan persepsi mengenai kedalaman atau ketebalan sebuah objek yang terbentuk dari hasil pemberian efek gradasi gelap terang pada objek. Efek gradasi tersebut akan memantulan bayangan pada permukaan yang rata, ditambah dengan pengaruh sudut dan jarak antara objek terhadap cahaya sehingga di setiap permukaannya mempunyai tingkatan pencahayaan yang tidak sama maka terbentuklah shading tersebut.
Beberapa macam shading yaitu
1. Flat shading : suatu teknik shades masing-masing polygon dari suatu objek berdasarkan pada polygon“normal” dan posisi serta intensitas sumber cahaya.
2. Gouraud shading : ditemukan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971 dengan teknik resource-conscious yang digunakan untuk menirukan shade dengan permukaan lembut dan penyisipan warna puncak antarpermukaan polygon.
3. Phong shading : ditemukan oleh Bui Tuong Phong; suatu teknik shading yang lembut penyisipan yang puncak mendekati normal pencahayaan dari polygon curved surface dengan antarpermukaan; model pencahayaan meliputi glossy reflection dengan suatu tingkatan permukaan yang halus.
Shading merupakan persepsi mengenai kedalaman atau ketebalan sebuah objek yang terbentuk dari hasil pemberian efek gradasi gelap terang pada objek. Efek gradasi tersebut akan memantulan bayangan pada permukaan yang rata, ditambah dengan pengaruh sudut dan jarak antara objek terhadap cahaya sehingga di setiap permukaannya mempunyai tingkatan pencahayaan yang tidak sama maka terbentuklah shading tersebut.
Beberapa macam shading yaitu
1. Flat shading : suatu teknik shades masing-masing polygon dari suatu objek berdasarkan pada polygon“normal” dan posisi serta intensitas sumber cahaya.
2. Gouraud shading : ditemukan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971 dengan teknik resource-conscious yang digunakan untuk menirukan shade dengan permukaan lembut dan penyisipan warna puncak antarpermukaan polygon.
3. Phong shading : ditemukan oleh Bui Tuong Phong; suatu teknik shading yang lembut penyisipan yang puncak mendekati normal pencahayaan dari polygon curved surface dengan antarpermukaan; model pencahayaan meliputi glossy reflection dengan suatu tingkatan permukaan yang halus.
2. Jelaskan yang dimaksud dengan
A. Diffuse
Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini.
B. Ambient
Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang.
C. Specular
Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut.
A. Diffuse
Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini.
B. Ambient
Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang.
C. Specular
Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut.
3. a. Jelaskan yang dimaksud dengan Mapping!
Mapping adalah menciptakan representasi grafis dari informasi menggunakan hubungan spasial dalam grafik untuk mewakili beberapa hubungan dalam data. Praktek umum dan asli dari pemetaan adalah penggambaran skala fitur geografis, yaitu, kartografi .
Mapping adalah menciptakan representasi grafis dari informasi menggunakan hubungan spasial dalam grafik untuk mewakili beberapa hubungan dalam data. Praktek umum dan asli dari pemetaan adalah penggambaran skala fitur geografis, yaitu, kartografi .
b. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis Mapping!
Texture map
* Texture map terdiri dari :
- bitmap : memilih file gambar image
- checker : pola papan catur
- marble : tekstur berupa marmer
- gradien : tekstur dari gradasi tiga buah warna
- water : menampilkan efek air
- wood : menampilkan tekstur kayu
Mapping coordinate
* Mapping Coordinate
- offset : menggeser posisi bitmap pada material
- tilling : mengatur duplikasi bitmap pada material
- mirror : mencerminkan bitmap pada material
- tile : pengkotakkan material
- angle : perputaran material pada objek
- uv/vw/wv : orientasi mapping
- blur : memberikan efek kabur
4. Jelaskan perbedaan game online dan offline!
Perbedaan paling mendasar dari keduanya yaitu game online membutuhkan konektifitas internet untuk mulai bermain sedangkan game offline tidak. Juga dari segi jumlah pemI, game online bisa melibatkan banyak pemain dalam satu permainan, sedangkan game offline hanya beberapa (biasanya dua). Lalu untuk menambah skill character yang kita punya, game online menyediakan voucher yg bisa dibeli sedangkan game offline tidak.
Perbedaan paling mendasar dari keduanya yaitu game online membutuhkan konektifitas internet untuk mulai bermain sedangkan game offline tidak. Juga dari segi jumlah pemI, game online bisa melibatkan banyak pemain dalam satu permainan, sedangkan game offline hanya beberapa (biasanya dua). Lalu untuk menambah skill character yang kita punya, game online menyediakan voucher yg bisa dibeli sedangkan game offline tidak.
5. Software apa saja yang digunakan para programmer untuk membuat game? Jelaskan !
Unity 3D
Unity 3D merupakan program gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan oleh pemula. Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari seluruh dunia karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan untuk menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis dengan optimasi tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii, dan iPad.
Dengan Unity, berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.
Unity 3D
Unity 3D merupakan program gratis untuk membuat game yang dirancang agar mudah digunakan oleh pemula. Program ini menjadi pilihan lebih dari 800.000 pencipta game dari seluruh dunia karena Unity menyediakan semua fungsionalitas inti yang dibutuhkan untuk menciptakan game-game hebat. Unity memiliki kinerja grafis dengan optimasi tinggi dan bisa digunakan di PC, Mac (termasuk iPhone), Wii, dan iPad.
Dengan Unity, berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.
Unreal Development Kit
Unreal Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat game dengan kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat pengakuan sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah digunakan oleh pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima, artis, dan pelajar.
Unreal Development Kit (disingkat UDK) merupakan program lengkap membuat game dengan kualitas profesional berdasarkan Unreal Engine 3, yang mendapat pengakuan sebagai salah satu game engine terbaik. Unreal Engine 3 telah digunakan oleh pencipta game, peneliti, studio televisi, sutradara machinima, artis, dan pelajar.
Panda3D
Panda3D adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa diketahui sekilas.
Panda3D adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa diketahui sekilas.
0 komentar:
Post a Comment