Manusia dan Tanggung Jawab

on 24 May 2011

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya yang telah kita perbuat, baik disengaja maupun tidak sengaja. Tanggung jawab juga timbul karena adanya kesadaran dari seseorang bahwa dia tinggal di sekitar masyarakat. Manusia dalam hidupnya pasti dibebani oleh suatu tanggung jawab dimana harus dilakukan. Apabila tidak dilaksanakan, maka aka nada pihak yang akan bertindak dan memaksa tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sebagai bentuk pemahaman seseorang tentang dampak yang akan terjadi dari perbuatannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaan bertanggungjawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa terhadap Tuhan.

Macam-macam tanggung jawab :

  1. Tanggungjawab terhadap diri sendiri
  2. Tanggungjawab terhadap Keluarga
  3. Tanggungjawab terhadap masyarakat
  4. Tanggungjawab terhadap bangsa / negara
  5. Tanggungjawab terhadap Tuhan

Selain dari contoh di atas, ada pula wujud dari realisasi dari tanggung jawab, yaitu pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat atau tenaga sebagai wujud dari kesetiaan, kasih sayang dan norma yang dilakukan dengan ikhlas. Contoh dari pengabdian misalnya penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan yang merupakan pengabdian terhadap sang pencipta.Sedangkan Pengorbanan adalah pemberian untuk menyatakan kebaktian. Suatu pengorbanan yang bersifat kebaktian, akan mengandung keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Itulah aspek-aspek Manusia & tanggungjawabnya di dalam berkehidupan. Walaupun diberi kebebasan, bukan berarti kebebasan tersebut tak ada batasnya, melainkan kebebasan yang bertanggung jawablah yang diperlukan di dalam kehidupan yag bermasyarakat.

0 komentar:

Post a Comment

pengumuman

selamat datang di blognya priyo silahkan di follow ya

Isi priyo's blog

Powered By Blogger

Monggo di cari