soal manusia dan keindahan

on 24 May 2011

1. Apa bedanya keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dengan sebuah benda tertentu yang indah (terlihat) ?

2. Apa bedanya nilai ekstrinsik dengan intrinsik ?

3. Jelaskan pengertian dari kontemplasi dan ekstansi ?

Jawaban

1. keindahan sebagai suatu kualitas abstrak bisa kita samakan dengan suatu kualitas yang tidak terlihat. Hal-hal yang tidak terlihat memang sulit untuk kita nilai. Akan tetapi, suatu kualitas tersebut akan bisa dikatakan indah apabila hal tersebut dapat dirasakan ikmat pada diri seseorang, seperti halnya peraturan-peraturan yang bisa dianggap indah, begitupun dengan sutu ide seseorang yang bisa kita katakana indah. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk.Namun, untuk suatu kualitas yang terlihat, kita dengan sangat mudah mengatakan sesuatu yang terlihat tersebut indah atau tidak. Kebanyakan orang mengatakan indah atas dasar bentuknya. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beuty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah).

2. Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya ( instrumental/contributory) yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Nilai instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai sesuatu tujuan, atau demi kepentingan benda itu sendiri.

3. Ekstensi adalah dasar dari manusia untuk menyatakan, merasakan, dan menikmati keindahan. Kontemplatif merupakan cara hidup yang mengutamakan kehidupan penuh ketenangan, bermati raga, dan bertapa, sehingga dapat berdoa dan bersemadi dengan lebih mudah.

0 komentar:

Post a Comment

pengumuman

selamat datang di blognya priyo silahkan di follow ya

Isi priyo's blog

Powered By Blogger

Monggo di cari